Kamis, 10 Maret 2011

Liver Buatan Sedang Dikembangkan

Dari Kompas Online, Senin 1 November 2010

Liver Buatan Sedang Dikembangkan
Senin, 1 November 2010 | 11:03 WIB

Kompas.com - Hati atau liver adalah organ tunggal dalam tubuh yang mempunyai tugas penting yang rumit demi kelangsungan seluruh fungsi tubuh. Karena itulah pencangkokan hati menjadi alternatif terbaik bagi penderita komplikasi penyakit hati yang mengancam nyawa.

Faktor utama yang membatasi pemanfaatan cangkok hati adalah terbatasnya jumlah donor, padahal dalam beberapa tahun terakhir terjadi peningkatan jumlah permintaan termasuk di Indonesia. Karena itu para ilmuwan terus mengembangkan riset dalam bidang pengobatan liver.

Salah satu yang cukup menjanjikan adalah liver buatan yang dikembangkan melalui sel punca (stem cell). Sebelumnya pencangkokan hati selalu berasal dari donor hidup, biasanya masih anggota keluarga.

Para ilmuwan sel punca dari Wake Foret University Baptist Medical Center baru-baru ini mengumumkan keberhasilannya membuat miniatur liver. Mereka menggunakan metode pembuatan liver yang berasal dari struktur liver yang ada kemudian dikembangkan menjadi jaringan liver yang baru.

Pembentukan miniatur liver yang berasal dari sel punca ini merupakan pekerjaan yang sangat rumit. Kendati pemanfaatan miniatur hati ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, namun kesuksesan para ilmuwan tersebut menandai babak baru dalam perkembangan penyakit hati dan transplantasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar